Rabu , 20 September 2017
Home / Berita / BAZ Kabupaten Cirebon Bareng Pemkab Gelar Bhakti Sosial
WhatsApp Image 2017-09-04 at 10.25.06

BAZ Kabupaten Cirebon Bareng Pemkab Gelar Bhakti Sosial

Humas Setda  –  BAZNAS Kabupaten Cirebon menyelenggarakan Bakti Sosial dan penyaluran bantuan Rutilahu, keagamaan,  khitanan massal, pengobatan gratis, serta  santunan anak yatim bertempat di Ponpes Manbaul Ulum Desa Sindangmekar Kecamatan Depok Kabupaten Cirebon (Senin,4 /9/2017). Hadir dalam kegiatan ini tersebut Plh Bupati Cirebon, Drs. Yayat Ruhyat,. M.Si,  Pimpinan Ponpes Manbaul Ulum H. Budiman Mahfud, MBA,  Ketua Baznas Kabupaten Cirebon, Kepala Kemenag  H.Imron Rosyadi, Kabag Kesra Setda, unsur Forkopimcam Depok, Camat Depok, Kuwu se-Kecamatan Depok, dan para undangan.

 

Diawali sambutan pimpinan Ponpes Manbaul Ulum menyampaikan kegiatan ini bertujuan untuk mensosialisasikan kepada masyarakat tentang arti amil zakat yang dibayarkan oleh para ASN yang diambil tiap bulan, yang dihimpun di BAZ Kabupaten Cirebon, kemudian disalurkan kepada masyarakat seperti kegiatan hari ini. Kepala Kemenag Kabupaten Cirebon juga menyampaikan bahwa dana yang ada di BAZ  diperoleh untuk tahun ini sebesar 4,5 milyar, yang secara teknis di kordinir oleh BAZ Kabupaten Cirebon dan saya mengapresiasi kepada BAZ atas kerjasamanya dalam mengelola dana infaq dan zakat yang selama ini di kelolanya dan diberikan kepada fakir miskin yang tepat seperti kegiatan hari ini.

 

Kemudian dilanjutkan dengan sambutan Plh. Bupti Cirebon yang menyampaikan bahwa dengan diadakannya kegiatan bhakti sosial ini baik atas nama pribadi dan atas nama Pemerintah Daerah  Kabupaten Cirebon merespon dengan baik kegiatan ini, dan diharapkan terus  berlanjut tiap tahunnya, bukan hanya di ponpes Manbaul Ulum saja akan tetapi di Ponpes-ponpes lainnya khususnya di Kabupaten Cirebon. Melalui kegiatan bhakti sosial seperti ini,  kita sebagai umat beragama harus saling membantu dengan sesama umat muslim, dan saya sangat berterima kasih kepada pengurus Ponpes yang telah mengadakan bhakti sosial yang mengikutsertakan warganya untuk bisa berpartisipasi dalam kegiatan ini, dengan menghadirkan anak-anak yatim untuk bisa dikhitan secara gratis, selain itu juga ada pengobatan gratis bagi warga yang sakit tanpa dipungut biaya” ucap Plh. Bupati diakhir sambutannya.

 

Usai sambutan,  Plh. Bupati ini  meninjau tempat dimana diselenggarakannya kegiatan khitanan masal dan pengobatan gratis   didampingi ka kemenag, ketua BAZ, pimpinan Ponpes Manbaul Ulum dan unsur Forkopimcam Depok.

 

Berdasarkan informasi penyelenggara, kegiatan bhakti sosial kali ini  antara lain  melaksanakan khitanan massal sebanyak 35 anak yatim sebesar Rp. 17.500.000,  pengobatan gratis untuk 750 orang sebesar Rp. 3.000.000,- santunan untuk 30 orang anak yatim sebesar Rp. 6.000.000,-, bantuan untuk 26 Madrasah Diniyah Takmaliyah Awaliyah (DTA) sebesar Rp. 107.000.000,- bantuan untuk 8 masjid dan 4 pondok pesantren sebesar Rp. 76.000.000,- bantuan untuk 13 Rutilahu sebesar 137.500.000,-. (AS/JAY)