Kamis , 13 Agustus 2020
Home / Berita / Atasi Rawan Pangan, Pemkab Cirebon Gelontorkan 28.5 ton Beras

Atasi Rawan Pangan, Pemkab Cirebon Gelontorkan 28.5 ton Beras

Humas Setda   –  Pemerintah Kabupaten Cirebon melalui Dinas Ketahanan Pangan kembali memberikan Bantuan Beras untuk daerah rawan pangan yang ada di Kabupaten Cirebon sebanyak 28, 5 ton beras dari Program Ketahanan Pangan Kabupaten Cirebon, dan penyerahan bantuan tersebut langsung di berikan oleh Plt. Bupati Cirebon Selly Andriani Gantina secara Simbolis di Desa Cipinang Kecamatan Beber.

Program kegiatan ini dilakukan untuk mengantisipasi kerawanan pangan di wilayah Kabupaten Cirebon diantaranya Desa Cipinang Kecamatan Beber  sebanyak 5.880 kg untuk 392 KK, Desa Melakasari Kecamatan Gebang sebanyak 5.565 kg untuk 371 KK, Desa Ambit Kecamatan Waled sebanyak 10.500 kg untuk 700 KK dan Desa Gunungsari Kecamatan Waled sebanyak 6.540 kg untuk 436 KK.

Hal tersebut diungkapkan oleh H.Muhidin selaku Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Cirebon, dalam laporannya pada acara penyerahan bantuan beras Cadangan Pangan Pemerintah Daerah (CPPD)  di Desa Cipinang Kecamatan Beber, Senin 9/4.

Dilanjutkan dengan penyerahan secara simbolis beras cadangan oleh Plt.Bupati Cirebon kepada warga penerima bantuan dengan didampingi camat dan para kuwu setempat dan kepala dinas.

Dalam sambutannya Plt. Bupati mengatakan bahwa Kabupaten Cirebon wajib menyediakan cadangan pangan untuk menanggulangi kekurangan pangan, gejolak harga pangan dan darurat pangan akibat bencana alam dan bencana sosial guna mewujudkan ketahanan pangan masyarakat, bahkan anggaran tahun 2018 pemerintah Kabupaten Cirebon telah menyiapkan dana melalui APBD Kabupaten untuk penyusunan cadangan pangan agar sesuai dengan harapan kita semua.

Kepada masyarakat Kabupaten Cirebon agar memperkuat dirinya dalam hal ketahanan pangan dengan cara menghidupkan kembali kegiatan Lumbung Pangan Masyarakat ( LPM ) sehingga cadangan pangan masyarakat ini menjadi andalan masyarakat sesuai dengan 16 program unggulan Kabupaten Cirebon salah satunya adalah ” Cirebon bebas rawan pangan” ini harus diwujudkan” tegas Selly.

Selly juga menambahkan, ” Bantuan yang diberikan kepada sebagian masyarakat Desa Cipinang, Desa Melakasari, Desa Ambit dan Desa gunungsari adalah wujud nyata kepedulian Pemerintah Kabupaten Cirebon terhadap kondisi masyarakat yang sangat membutuhkan bahan pangan berupa beras.”

Dilanjutkan dengan penyerahan secara simbolis beras CPPD  oleh Plt. Bupati Cirebon kepada warga penerima bantuan dengan didampingi Kepala Badan Ketahanan Pangan, Camat Beber dan  Kuwu Cipinang,  dan kegiatan tersebut dihadiri pula Forkopimcam Beber,  Camat Beber, dan para Kuwu yang menerima Bantuan CPPD. (Jay/SW).