Senin , 21 Oktober 2019
Home / Berita / 50.606 Keping KTP el Di Bagikan Disdukcapil Kabupaten Cirebon Secara Gratis

50.606 Keping KTP el Di Bagikan Disdukcapil Kabupaten Cirebon Secara Gratis

Humas Setda  – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Cirebon membagikan KTP el dengan jumlah yang signifikan sebanyak 50.606 keping KTP el yang sudah di cetak pada tahap III tahun 2019. Pembagian KTP el tersebut di berikan ke 40 kecamatan yang ada di Kabupaten Cirebon. Pembagian KTP el tersebut bertempat di Ruang Paseban Kantor Bupati Cirebon dan di hadiri oleh Forkopimda dan para Camat se-Kabupaten Cirebon. Kamis (11/4).

Kepala Disdukcapil Kabupaten Cirebon, Mochamad Syafrudin menyebutkan, pembagian KTP el tersebut merupakan tahap ketiga yang direalisasikan bagi warganya yang telah cukup memegang kartu identitas. Setelah sebelumnya pada tahap pertama dibagiakan sebanyak 17.155 KTP dan tahap kedua sebanyak 28.437 KTP.

Menurutnya, dari jumlah penduduk Kabupaten Cirebon sebanyak 2.162.576 orang dan yang berkewajiban memeliki KTP adalah 1.618.879 orang. “Sampai hari ini yang sudah melakukan perekaman sebanyak 1.654.352 orang atau 102,19 persen. Untuk total KTP yang telah tercetak sampai hari ini 1.652.002 orang atau 99,86 persen”, ujar Mochamad Syafrudin.

Mekanisme dalam tahap ketiga, kata dia, pembagian KTP dibagikan kepada camat yang nantinya akan disampaikan kepada kepala desa untuk membagikan kepada masyarakat. “ Pelaksanaan pemilu berdasarkan keputusan MK yakni untuk identitas kependudukan. Kalau tidak ada KTP elektronik diizinkan oleh MK menggunakan Surat Keterangan (Suket)”.

Sementara itu, Penjabat (Pj) Bupati Cirebon Dicky Saromi meminta, agar dalam mekanisme pendistribusiannya pihak tiap tingkatan harus amanah. Mulai dari Camat setempat agar segera menyampaiakn KTP kepada kepala desa dan memastikan diterima langsung oleh masyarakat. Sebab, hal tersebut guna menghindari dari hal-hal yang tidak diinginkan. “KTP ini sangat dibutuhkan oleh semua masyarakat. Kita sudah selesaikan H-7 menuju pemilu. Saya berharap ini segera disampaikan,” ujarnya. (Jae)