Kamis , 13 Agustus 2020
Home / Berita / 30 Pengurus Cabang YKI Kabupaten Cirebon Resmi di Lantik

30 Pengurus Cabang YKI Kabupaten Cirebon Resmi di Lantik

[vc_row][vc_column][vc_column_text]Humas Setda  –  Ketua Pusat Yayasan Kanker Indonesia (YKI) Prof. dr. Aru, melantik 30 orang pengurus, Yayasan Kanker Indonesia (YKI)  cabang Kabupaten Cirebon,di Hotel Apita Jl. Tuparev Kabupaten Cirebon pada hari Sabtu, 2/12/2017 pukul 08.00 waktu setempat.

Selain acara pelantikan dilaksanakan juga seminar tentang kanker dengan “Tema Deteksi Dini Pencegahan, Pengobatan Kanker Payudara Dan Kanker Serviks ” seminar ini menghadirkan 2 narasumber dr. M. Lutfi sp, PD,FINASIM,M.MRS, dr. Husny Budi Sismawan,sp,OG,M.Kes. seminar Kanker ini di ikuti sekitar 200 orang diantaranya Ketua YKI pusat Prof. dr.Aru,  Ketua YKI cabang Kawa barat, Ketua pengurus YKI cabang Kab. Cirebon Hj.Wahyu Tjiptaningsih, SE.M.Si, Kepala Dinas Kesehatan Kab. Kabupaten Cirebon Hj. Eni Suhaeni, Para anggota pengurus Cabang YKI Kab. Cirebon, Para pengurus organisasi kewanitaan Kab. Cirebon, Para dokter, bidan dan perwat para komunitas Kanker se Wilayah III Cirebon dan para undangan lainnya.

Panitia penyelenggara, dr, M. Lutfi menyampaiakan harapannya semoga acara ini dapat diakses oleh semua kalangan khususnya bagi para komunitas kanker agar lebih dekat cara penyampainnya tentang bagaimana pencegahan dan pengobatan kanker.

Sementara itu Ketua Pusat YKI Prof. dr. Aru seusai melantik mengatakan bahwa penyakit kanker adalah penyakit yang laju perkembangannya cukup pesat, dulu penyakit kanker ini  banyak didominasi oleh negara – negara maju namun, justru sekarang – sekarang ini sudah mulai melambai karena kini Negara – negara maju sudah mulai mengerti dengan cara pola makan dan cara hidup sehat, menurut prof. dr. Aru kanker akan tumbuh berkembang di akibatkan dari pola makan kita sehari hari yang terkadang sering berlebihan dan tidak terkontrol seperti di Negara perkembang misalnya.

Kebanyakan masyarakat kita kurang tahu betul tentang pola hidup yang sehat maka mengapa Yayasan ini harus ada di tengah – tengah kita antara lain tujuannya adalah untuk memberikan sosialisasi pada masyarakat agar lebih mengerti tentang bagaimana pencegahan menghindari penyakit yang serius ini, dengan cara mengubah pola hidup kita yang kurang baik.

Pada kesempatan ini Ketua YKI pusat juga menyampaikan selamat kepada para pengurus YKI cabang Kab.  Cirebon yang telah dikukuhkan dan dilantik “semoga dapat menjalankan tugasnya dengan  baik.

Ketua YKI pusat kemudian melakukan penyematan kepada Ketua pengurus YKI cabang Kab. Cirebon  Hj.Wahyu Tjiptaningsih, SE. M.Si serta memberikan bantuan dan pemberian buku panduan cara pencegahan kanker.

Dilanjut dari sambutan Ketua pengurus cabang Kab. Cirebon menyampaikan terima kasih atas dikukuhkanya pengurus cabang Kab. Cirebon oleh ketua pusat Prof. dr. Aru, masa bhakti 2017 – 2022 sesuai surat keputusan nomor : 383/SK.CAB/YKI/VII/2017 tanggal 5 Juli 2017, Ketua pengurus cabang Kab. Cirebon  menyampaikan terima kasih juga kepada Bupati Cirebon Dr. H. Sunjaya Purwadisastra, MM. M. Si, yang telah memberikan suport sekaligus memfasilitasi pembentukan organisasi baru ini.

Hj. Wahyu menganggap bahwa tanggal 2 Desember merupakan momentum yang sangat berharga dan bersejarah dengan terbentuknya organisasi baru di kab. cirebon hal tersebut, merupakan langkah awal bagi kabupaten Cirebon dalam memfasilitasi kebutuhan untuk masyarakat.

Yayasan kanker Indonesia  YKI merupakan organisasi nirlaba yang bersifat sosial dan kemanusiaan di bidang kesehatan khususnya dalam penanggulangan kanker.

Tujuan dari pada YKI itu sendiri adalah mengupayakan penanggulangan kanker dengan melakukan kegiatan dibidang promotif, preventiv dan suportif.

Namun perlu kita sadari bersama bahwa penanggulangan ini tidak mungkin berhasil tanpa melibatkan atau kerjasama dengan semua pihak,baik pemerintah, organisasi profesi, lembaga swadaya masyarakat baik dalam maupun luar negri.

Hj. Wahyu mengajak kepada semua pihak ,untuk bersama sama dalam menanggulangi kanker di Kab. Cirebon. (NJT)[/vc_column_text][/vc_column][/vc_row]